Selasa, 19 Oktober 2010

sejarah singkat PT. Telkom

Sejarah Singkat PT.Telkom

Sejarah singkat PT. Telkom
Perusahaan Telekomunikasi sudah ada sejak masa Hindia Belanda dan yang menyelenggarakan adalah pihak swasta. Sedangkan perusahaan Telekomunikasi Indonesia ( PT. TELKOM) sendiri juga termasuk bagian dari perusaahaan tersebut yang mempunyai bentuk badan usaha Post-en Telegraaflent dengan Staats blaad No.52 tahun 1884. Dan sejak tahun 1905 perusahaan Telekomunikasi sudah berjumlah 38 peusahaan. Namun setelah itu pemerintah Hindia Belanda mengambil alih perusahaan tersebut yang berdasar kepada Staatsblaad tahun 1906. Dan sejak itu berdirilah Post, Telegraf en Telefoon Dients (PTT-Dients),dan perusahaan ini ditetapkan sebagai Perusahaan Negara berdasar Staats blaad No.419 tahun 1927 tentang Indonesia Bedrijven Weet (I.B.W Undang-Undang Perusahaan Negara).
Perusahaan PTT tesebut bertahan sampai adanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No.19 tahun 1960 oleh Pemerintah Republik Indonesia, tentang adanya persyaratan suatu Perusahaan Negara (PN). Tetapi pada tahun 1961 menurut Peraturan Pemerintah No.240 bahwa Perusahaan Negara dilebur menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi yang dimuat dalam pasal 2 I.B.
Namun pada tahun 1965 pmemerintah membagi perusahaan Pos dan Telekomunikasi menjadi dua bagian yang berdiri sendiri yaitu Perusahaan Pos dan Giro (PN. Pos dan Giro) serta Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN. Telekomunikasi) yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.30 tahun 1965. Dan perusahaan tersebut berkembang menjadi Perusahaan Umum (Perum). Dalam Peraturan Pemerintah No.36 tahun 1974 dinyatakan bahwa Perum Telekomunikasi sebagai penyelenggara jasa Telekomunikasi untuk umum baik Telekomunikasi dalam negeri maupun luar negeri.
Perusahaan Umum (PERUM) Telekomunikasi merupakan penyelenggara jasa telekomunikasi untuk umum, baik hubungan telekomunikasi dalam negeri maupun luar negeri. Tentang hubungan telekomunikasi luar negeri saat itu juga diselenggarakan oleh PT. Indonesia Satelite Corporation (INDOSAT), yang masih berstatus perusahaan asing yakni dari American Cable and Radio Corp yaitu suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan peraturan negara bagian Delaware, USA.
Seluruh saham PT Indosat dengan modal asing ini pada tahun 1980 dibeli oleh Indonesia dari American Cable and radio Corp. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 1274 berdasarkan PP No. 53 tahun 1980, Perumtel ditetapkan sebagai badan usaha yang berwenang menyelenggarakan telekomunikasi untuk umum dalam negeri dan Indosat ditetapkan sebagai badan usaha penyelenggara telekomunikasi urnurn untuk internasional.
Memasuki Repelita V, pemerintah merasakan perlu percepatan pembangunan telekomunikasi sebagai infrastruktur yang diharapkan dapat memacu pembangunan sektor lainnya. Berdasarkan PP No. 15 tahUH 1991, maka Perum dialihkan menjadi Perusahaan Perseroan (persero). Mengantisipasi era globalisasi, seperti diterapkannya perdagangari bebas baik internasional maupun regional, maka PT Telkom pada tahun 1995 melaksanakan 3 program besar. Program-program tersebut adalah restrukturisasi internal, penerapan KSO dan persiapan Go Public Internasional (International Public Offering).
Kronologi sejarah PT Telkom dijelaskan sebagai berikut:
  1. 1882 sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap dibentuk pada masa pemerintahan kolonial Belanda.
  2. 1906 Pemerintah Kolonial Belanda membentuk sebuah jawatan yang mengatur layanan pos dan telekomunikasi yang diberi nama Jawatan Pos, Telegrap dan Telepon (Post, Telegraph en Telephone Dienst/PTT).
  3. 1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat, lepas dari pemerintahan Jepang.
  4. 1961 Status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).
  5. 1965 PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
  6. 1974 PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.
  7. 1980 PT Indonesian Satellite Corporation (Indosat) didirikan untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel.
  8. 1989 Undang-undang No. 3 tahun 1989 tentang Telekomunikasi, tentang peran serta swasta dalam penyelenggaraan Telekomunikasi.
  9. 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no. 25 tahun 1991.
  10. 1995 Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering) dilakukan pada tanggal 14 November 1995. sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing) di Tokyo Stock Exchange.
  11. 1996 Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo); Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten-dengan mitra PT Aria West International (AriaWest); Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta - dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI); Divisi Regional VI Kalimantan dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra); dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia-dengan mitra PT Bukaka Singtel.
  12. 1999 Undang-undang nomor 36/ 1999, tentang penghapusan monopoli penyelenggaraan telekomunikasi.
  13. 2001 KOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia, yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dengan Indosat. Dengan transaksi ini, TELKOM menguasai 72,72% saham Telkomsel. TELKOM membeli 90,32% saham Dayamitra dan mengkonsolidasikan laporan keuangan Dayamitra ke dalam laporan keuangan TELKOM.
  14. 2002 TELKOM membeli seluruh saham Pramindo melalui 3 tahap, yaitu 30% saham pada saat ditandatanganinya perjanjian jual-beli pada tanggal 15 Agustus 2002, 15% pada tanggal 30 September 2003 dan sisa 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. TELKOM menjual 12,72% saham Telkomsel kepada Singapore Telecom, dan dengan demikian TELKOM memiliki 65% saham Telkomsel. Sejak Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.
Sejak 1 Juli 1995 PT. Telkom telah menghapus struktur wilayah usaha telekomunikasi (WTTEL) dan secara de facto meresmikan dimulainya era Divisi Network. Badan Usaha utama dikelola oleh 7 divisi regional dan 1 divisi network. Divisi regional menyelenggarakan jasa telekomunikasi di wilayah masing masing dan divisi network menyelenggarakan jasa telekomunikasi jarak jauh luar negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi jalur utama nasional. Daerah regional PT. Telkom mencakup wilayah-wilayah yang dibagi sebagai berikut:
  1. Divisi Regional I, Sumatera
  2. Divisi Regional II, Jakarta dan sekitarnya
  3. Divisi Regional III, Jawa Barat
  4. Divisi Regional IV, Jawa Tengah dan Yogyakarta
  5. Divisi Regional V, Jawa Timur
  6. Divisi Regional VI, Kalimantan
  7. Divisi Regional VII, Kawasan timur Indonesia (Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua)
Masing-masing divisi dikelola oleh suatu tim manajemen yang terpisah berdasarkan prinsip desentraiisasi serta bertindak sebagai pusat investasi (Divisi Regional) dan pusat keuntungan (Divisi Network), serta divisi lainnya yang mempunyai keuntungan internal secara terpisah. Divisi-divisi pendukung terdiri dari divisi pelatihan, divisi properti, divisi sistem informasi. Berdasarkan organisasi divisional ini, maka kantor pusat diubah menjadi pusat biaya. Berlakunya kebijaksanaan dekonsentrasi menjadikan jumlah SDM menjadi lebih sedikit.
Divisi Regional V, Jawa Timur adalah salah satu dari 8 usaha utama dalarn struktur usaha PT Telkom saat ini. Wilayah usaha Divisi Regional V Jatim meliputi seluruh wilayah Jawa Timur yang terbagi dalarn lima Kantor Daerah Pelayanan Telkom (Kandatei) yaitu:
a. Kandatel Surabaya Barat
b. Kandatel Surabaya Timur
c. Kandatel Malang
d. Kandatel Madiun
e. Kandatel Jember
Kandatel Jember sebagai salah satu ujung tombak PT Telkom. divisi regional V, Jawa, Timur, wilayahnya meliputi : area pelayanan Jember, Kantor Cabang Pelayanan Telkom (Kancatel) sebagai berikut ;
a. Kancatel Banyuwangi,
b. Kancatel Bondowoso,
c. Kancatel lumajang,
d. Kancatel Probolinggo dan
e. Kancatel Situbondo.
Dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan dan sekaligus mengatasi pendanaan, maka PT Telkom mengikutsertakan swasta dalam pembangunan prasarana jaringan, penyediaan jasa khusus dan pelaksanaan operasi. Partisipasi swasta sampai saat ini dikenal dalam bentuk Pola Bagi Hasil (PBH), perusahaan patungan dan Kerja Sama Operasi (KSO).
Kerja Sama Operasi merupakan suatu organisasi kemitraan yang tidak membentuk suatu badan hukum, namun tetap sebagai suatu divisi Telkom. Divisi KSO dikelola oleh mitra KSO yang merupakan konsorsium beberapa perusahaan dari dalam dan luar negeri. Masa KSO ditetapkan selama 15 tahun dan pada akhir masa KSO seluruh hak, kepemilikan dan kepentingan mitra KSO yang berkaitan dengan sarana, atau jaringan baru dan semua pekerja yang sedang berjalan dialihkan pada PT. Telkom.
Keputusan untuk menghimpun dana dari masyarakat melalui pasar modal baik didalam atau luar negeri dengan menjual saham PT. Telkom melalui keputusan yang dituangkan dalam akta berita acara no. 52 tanggal 17 Juli 1995 yang dibuat oleh notaris Imas Fatimah SH. PT. Telkom mencatatkan saham yang ditawarkan di BEJ New York Exchange dan London Stock Exchange. Saham yang dikeluarkan terdiri dari saham Seri A Dwiwarna dan Seri B Saham Biasa. Saham seri A jumlahnya hanya satu lembar dimiliki oleh Negara Republik Indonesia yang tidak dapat dipindah tangankan kepada siapapun. Seri A adalah saham yang memberikan hak istimewa kepada pemegangnya, diantaranya penentuan pencalonan pengangkatan dan pemberhentian para anggota direksi yang dilaksanakan dalam RUPS. Saham seri B adalah saham atas nama yang dipindahtangankan.
Karyawan PT Telkom mendapatkan penjatahan khususnya sejumlah saham seri B baru yang jumlahnya tidak lebih dari 10% dari jumlah saham yang ditawarkan dalam penawaran umum di Indonesia. Program pernilikan saham oleh karyawan/Employee Stock Ownership Plan (E50P) mengharuskan karyawan agar tidak menjual saham yang diperolehnya dalam jangka waktu 1 tahun sejak pencatatan saham pada BEJ dan BES.
Penerimaan bersih dari emisi saham baru akan digunakan untuk membiayai program investasi perusahaan sekitar 39,22 % yang digunakan untuk keperluan transimisi dan sentral. Penambahan kapasitas dan pengembangan jaringan kabel melalui penggantian kabel tembaga dengan kabel serat optik serta pengadaan Wireless Local Loop. Sebanyak 39,51% digunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan sisanya 21,27% disiapkan untuk pengembangan sistem, teknologi baru serta peningkatan sumber daya manusia. Semua usaha PT Telkom ini untuk mengantisipasi pemberlakuan perdagangan bebas dan untuk peningkatan kemampuan kompetitif yang diharapkan dapat menjadi salah satu Operator Telekomunikasi Kelas Dunia (World Class Operator Telecommunications).

Kredo TELKOM

Gambar Kredo TELKOM

Arti Kredo
  • TELKOM selalu fokus kepada pelanggan
  • TELKOM selalu memberikan pelayanan yang prima dan mutu produk yang tinggi serta harga yang kompetitif
  • TELKOM selalu melaksanakan segala sesuatu melalui cara-cara yang terbaik (Best Practices).
  • TELKOM selalu menghargai karyawan yang proaktif dan inovatif, dalam peningkatan produktivitas dan kontribusi kerja TELKOM selalu berusaha menjadi yang terbaik.
LogoTELKOM


Arti Logo TELKOM
  • Bentuk bulatan dari logo melambangkan: Keutuhan Wawasan Nusantara; Ruang gerak TELKOM secara nasional dan internasional.
  • TELKOM yang mantap, modern, luwes, dan sederhana.
  • Warna biru tua dan biru muda bergradasi melambangkan teknologi telekomunikasi tinggi/ canggih yang terus berkembang dalam suasana masa depan yang gemilang.
  • Garis-garis tebal dan tipis yang mengesankan gerak pertemuan yang beraturan menggambarkan sifat komunikasi dan kerjasama yang selaras secara berkesinambungan dan dinamis.
  • Tulisan INDONESIA dengan huruf Futura Bold Italic,menggambarkan kedudukan perusahaan TELKOM sebagai PartduBendera Telekomunikasi Indonesia {Indonesian Telecommunication Flag Carrier).
Budaya Perusahaan
THE TELKOM WAY 135 sebagai budaya korporasi yang dikembangkan TELKOM merupakan bagian terpenting dari upaya perusahaan untuk meneguhkan hati, merajut pikiran, dan menyerasikan langkah semua Insan TELKOM dalam menghadapi persaingan bisnis InfoCom.
  • 1 (satu) asumsi dasar yang disebut
  • 3 (tiga) nilai inti, mencakup:
    1. Customer Value
    2. Excellent Service
    3. Competent People
  • 5 (lima) langkah perilaku untuk memenangkan persaingan, yang terdiri dari:
    1. Stretch The Goals
    2. Simplify
    3. Involve Everyone
    4. Quality is My Job
    5. Reward the Winners
THE TELKOM WAY 135 adalah hasil penggalian dari perjalanan TELKOM dalam mengarungi lingkungan yang terus berubah, dan dikristalisasi serta dirumuskan dengan dirangsang oleh berbagai inspirasi dari perusahaan lain dan berbagai tantangan dari luar. Dengan akar yang kuat pada kesadaran kolektif organisasi, diharapkan THE TELKOM WAY 135 dapat cepat tertanam dalam jiwa insan TELKOM.

Visi dan Misi
Visi TELKOM adalah "To Become a Leading Info Com Player in the Region', menunjukkan suatu tekad bahwa TELKOM untuk menjadi penyelenggara jasa Informasi dan Komunikasi yang handal di level Regional. Misi TELKOM adalah memberikan layanan "One Stop Infocom" dengan kualitas yang prima dan harga kompetitif, mengelola usaha dengan cara yang terbaik dengan mengoptimalkan SDM yang unggul, dengan teknologi yang kompetitif dan dengan Business Partner yang sinergi.

Kegiatan Usaha PT Telkom
Jenis jasa telekomunikasi PT Telkom yang sudah beroperasi sampai tahun 2004 ini adalah:
  1. Jasa telepon dalam negeri merupakan usaha PT. Telkom yang memberikan pendapatan terbesar. Komposisi pendapatan jasa yang meliputi : biaya pasang, biaya abonemen (langganan) bulanan dan biaya pemakaian telepon untuk panggilan lokal dan jarak jauh, pelayanan jasa telepon dalam negeri juga termasuk penyediaan telepon umum, baik kartu maupun koin.
  2. Jasa interkoneksi kepada penyelenggara telekomunikasi lain merupakan jasa telekomunikasi karena adanya penyelenggara sambungan telekomunkas oleh pihak lain, seperti PT. Indosat. Dari hasil penyelenggara ini PT. Telkom memperoleh pendapatan yang diterima dari penyelenggara atau bagi hasil.
  3. Jasa telepon bergerak selular yaitu penyelenggaraan sambungan telepon bergerak selular (STBS) ini bekerja sama dengan pihak lain atau dengan sistem patungan atau bagi hasil.
    d. Jasa satelit merupakan jasa yang disediakan oleh PT Telkom, dari penyewaan transponden satelit dan dimulai tahun 1996 beralih pada Satelindo, namun PT Telkom terus melanjutkan jasa stasiun bumi untuk hubungan telekomunikasi melalui sistem satelit komunikasi.
  4. Jasa lainnya adalah meliputi jasa internet (TELKOMNet@instan), e-mail, calling card, Telex, Telegram, SLI 007, VSAT, TV Satelit TELKOMVision dan lainnya.
  5. TELKOMFIexi, yang merupakan layanan jasa telekomunikasi tanpa kabel (wireless) dengan teknologi berbasis CDMA (Code Division Multiple Access).
Struktur Organisasi PT. Telkom Kandatel Jember
Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan organisasi dalam arti struktur adalah gambaran secara sistematis tentang hubungan kerjasama orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam pengelolaan organisasinya, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki sebuah Dewan Komisaris yang terdiri dari 1 (satu) ketua dan 4 (empat) anggota serta sebuah Dewan Direksi yang beranggotakan 1 (satu) orang Presiden Direktur atau CEO dan 4 (empat) orang anggota Dewan
Direksi lainnya yang memiliki fungsi dan tanggung jawab yang berbeda seperti Direktur Sumber Daya dan Bisnis Pendukung/CIO, Direktur Bisnis Jaringan Telekomunikasi, Direktur Bisnis dan Jasa Telekom unikasi, dan Direktur Keuangan/CFO.
Struktur organisasi yang terdapat pada PT Telkom adalah struktur organisasi yang berbentuk garis dan staff. Wewenang tertinggi dalam organisasi dipegang oleh satu orang pimpinan yang membawahi beberapa bagian sesuai fungsinya masing-masing. Seorang General Manager dibantu oleh seseorang Deputy General Manager yang membawai beberapa manager. Manager sendiri membawahi beberapa bagian yang saling terkait dan saling bekerja sama dalam melaksanakan suatu tugas dan tanggung jawab.
Struktur organisasi PT Telkom Kandatel
  1. GENERAL MANAGER
  2. DEBUTY GM
ASMAN PERFORMASI
  • MANAGER JARAKES
  • MANAGER MARKETING
  • MANAGER C. SERVICE
  • MANAGER SUPPORT
  • MANAGER PRAN AKSES
  • MANAGER KEUANGAN
  1. MANAGER LM
  2. MANAGER BW
  3. MANAGER PB
  4. MANAGER BO
  5. MANAGER SIT
Tugas dan Tanggung Jawab Unit Kerja PT Telkom Kandatel Jember
Tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian pada perusahaan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. General Manager
    1. Menangani tugas yang bersifat strategik.
    2. Menangani tugas-tugas yang berorientasi keluar maupun ke dalam.
    3. Bertanggungjawabataspencapaiansasaranoperasional.
    4. Bertanggung jawab atas penyelenggaraan jasa dan pengelolaan perangkat telekomunikasi dalarn area geografis tertentu.
  2. Deputy General Manager
    Berperan dan bertanggungjawab sebagai pimpinan operasi,
  3. Manajer Kancatel:
    Merupakan unit kerja Kandatel yang bertugas menyelenggarakan fungsi -fungsi pelayanan, operasi dan pemeliharaan perangkat telekomunikasi beserta sarana penunjangnya pada lokasi yang relatif terpisah dari Kandatel.
  4. Manajer Perencanaan Bisnis
    1. Membantu General Manager dalam menyusun Business Plan Kandatel dan Kandatel.
    2. Menyusun dan menganalisa lingkungan luar.
    3. Menyusun dan menganalisa kapabilitas intern.
    4. Menyediakan rumusan strategik, kebijakan dan program-program operasi, teknik, 5. Menyusun dan pengendalian mutu, kendali, kepastian mutu (TQM) Kandatel dan Kandatel.
    6. Menyusun dan menjaga bisnis proses Kandatel dan Kandatel.
    7. Menyelenggarakan fungsi manajemen umum lainnya.
  5. Manager Support
    1. Penyediaan dukungan pada unit kerja Kandatel dalam perencanaan pendayagunaan, pengembangan Sumber Daya Manusia, logistik dan kualitas.
    2. Melaksanakan administrasi SDM.
    3. Mengelola Belanja dan Data pegawai.
    4. Membina perencanaan dan pengembangan SDM.
  6. Manajer Keuangan:
    1. Merencanakan dan menyediakan dukungan financial kepada unit-unit di Kandatel.
    2. Menyelenggarakan sistem akuntansi
    3. Mengelola Perbendaharaan.
    4. Mengelola anggaran dan kas.
    5. Melaksanakan akuntansi.
  7. Manajer Ophar Jar Akses:
    1. Bertanggung jawab atas pencapaian sasaran operasi dan pemeliharaan jaringan kabel.
    2. Menganalisis, mengevaluasi dan unjuk kerja jarkab (Jaringan Kabel) serta peningkatan kompetensi SDM.
    3. Merencanakan anggaran dan rehabilitasi serta menggambarkan jaringan kabel.
    4. Menyelenggarakan tata usaha dan logistik untuk menunjang pengoperasian dan pemeliharaan jaringan kabel dan pengelolaan SISKA (Sistem Informasi Customer).
    5. Mengoperasikan pemeliharaan dan perbaikan jaringan kabel, fasilitas sipil dan MDF.
  8. Manager Marketing
  • Meningkatkan kinerja dan memenuhi target pemasaran POTS, fitur dan Public Phone melalui pengelolaan promosi dan penjualan, pengelolaan customer database, pengelolaan potensial demand, pengelolaan usage Quality improvement, peningkatan kapabilitas sumberdaya manusia dan pemberdayaan sumberdaya lainnya yang menjadi kewenangannya.
  • Bertanggung jawab atas pencapaian sasaran pemasaran dan pelayanan jasa telekomunikasi.
  • Merencanakan penjualan dan promosi
  • Mengelola usage dan produksi serta pelayanan umum.
  • Memberikan rekomendasi kebijakan promosi dan pemasaran
  • Memberikan rekomendasi bundling dan pricing produk POTS
    7. Memberikan rekomendasi penetapan strategis dan kebijakan usage quality improvement
  • Memberikan rekomendasi mutasi pegawai bidang marketing
  • Merhberikan rekomendasi kebijakan pengelolaan customer database
  • Memberikan rekomendai makor dan mikro demand
  • Memberikan rekomendasi pemenuhan alpro
Susunan Organisasi PT Telkom Kandatel JemberAdapun susunan Organisasi PT. Telkom Kandatel Jember adalah sebagai berikut:
a. Manager Marketing membawahi:
1. Ass. Manager Sales & Promotion.
2. Ass. Manager Usage & Produksi.
3. Ass. Manager Publik Service.

b. Manager Ophar Jar Akses membawahi:
1. Ass. Manager Sektor.
2. Ass. Manager Operasi & Manager Akses Corp. Customer.
3. Ass. Manager Akses Non Metal.
4. Ass. Manager Operation Control.

c. Manager Perencanaan Bisnis membawahi:
1. Ass. Manager Business Planning.
2. Ass. Manager Access Planning.
3. Ass. Manager Data Jaringan Akses.
4. Ass. Manager Adm. & Dukungan Akses.

d. Manager Customer Sevice membawahi:
1. Ass. Manager Customer Service,
2. Senior Supervisor Customer Service.

e. Manager Support membawahi:
1. Ass. Manager SDM.
2. Ass. Manager Logistik & Asset.
3. Ass. Manager Manajemen Quality.

f. Manager Keuangan membawahi:
1. Ass. Manager Anggaran & Kas
2. Ass. Manager Akuntansi.
Sekilas Tentang Speedy
Speedy adalah layanan akses internet dengan menggunakan akses kabel berbasis teknologi ADSL dari PT Telkom yang diluncurkan di Jember pada tanggal 1 Juli 2006. Speedy dapat menyalurkan suara dan data secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan maksimal 1000 Kbps dari modem sampai dengan sentral Telkom.
Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL) adalah perangkat aktif di jaringan akses pelanggan yang dipergunakan untuk mendukung implementasi layanan multimedia pada jaringan broadband dengan menggunakan satu pair kabel tembaga. Manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan Speedy adalah high speed internet, akses LAN (teleworking, SOHO), distance learning, video conference, broadcast TV, home shopping dan video on demand.

Keunggulan Telkom Speedy
Secara umum keunggulan Telkom Speedy antara lain :
1. Praktis
Layanan komunikasi suara/ fax dan data/ internet kecepatn tinggi dapat dilakukan pada saat yang bersamaan tanpa saling mengganggu (simultan).
2. Koneksi 24 jam
Layanan internet broadband ADSL menyediakan koneksi secara terus menerus selama 24 jam dan 7 hari seminggu, serta mampu menyalurkan koneksi dengan kecepatan tinggi.
3. Aman
Saluran / jalur yang digunakan pengguna Speedy digunakan sendiri dan tidak dibagi dengan pengguna lainnya (not share), sehingga keamanan lebih baik. Hal ini penting untuk aplikasi e-business.
4. Kecepatan konstan
Karena infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya, maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan dan pertambahan jumlah pelanggan yang akses. Koneksi lebih stabil karena masing-masing pengguna mempunyai jalur tersendiri ke peralatan multiplexer di sisi Telkom. Pelanggan dapat menikmati pengalaman akses internet dengan kecepatan download sampai dengan 1000kbps.
5. Tarif flat- rate
Pelanggan dapat memilih paket layanan berdasarkan kuota trafik internet yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan penagihan dilakukan secara flat setiap bulan. Jika trafik pelanggan melebihi kuota yang dipilih, maka pelanggan harus membayar kelebihan sesuai jumlah trafik (dalam megabyte).
Mobile Internet ClassroomMIC (Mobile Internet Classroom) merupakan satu produk layanan internet keliling yang diberikan oleh PT Telkom Kandatel Jember untuk memberikan fasilitas akses internet gratis kepada masyarakat, khususnya bagi pelajar maupun mahasiswa dan juga sebagai sarana pembelajaran dan pengenalan internet praktis yang bersifat mobile dan wireless.
MIC ini adalah mobil yang didesain sedemikian rupa oleh bagian pemasaran Telkom Jember, didalam mobil ini terdapat tiga buah komputer (sebelumnya berjumlah empat buah), satu sebagai server dan dua lainnya sebagai client, dengan menggunakan koneksi internet TELKOMFIexi (akses via PDN) yang kecepatannya tidak kalah dengan kecepatan fasilitas telepon biasa yang menggunakan modem dan ketika mahasiswa magang yang bersangkutan melakukan test speed kecepatannya yang didapat malah melebihi kecepatan fasilitas telpon menggunakan modem sehingga MIC ini disebut layanan akses internet gratis yang bersifat mobile dan wireless.
Salah satu keistimewaan MIC ini diantaranya, tidak menemui kendala apabila listrik mati. Karena petugas selalu siap sedia dengan genset sebagai cadangan listrik yang mampu menghidupkan kembali internet keliling tersebut.
Tujuan MIC ini adalah untuk sosialisasi internet keliling dan mendukung program Telkom Internet Goes To School (IG2S) dan juga sebagai semacam internet keliling yang siap melayani peminat dan para netter yang ada di Jember.

Telkomnet InstanAkses Telkomnet Instant adalah akses komunikasi ke internet gateway dengan mode statistik dengan mode data sirkit pada network TelkomFlexi dengan kecepatan aksesnya sampai dengan 64 Kbps. Pelanggan dapat mengakses Telkomnet Instant melalui network TelkomFlexi.
Telkomnet instant hemat adalah layanan berlangganan paket internet murah dari telkomnet instant yaitu hanya menggunakan dengan telepon rumah, fasilitas untuk menghubungkan koneksi internet ke Personal Computer (PC) dengan melakukan koneksi internet terhadap modem yang terpasang ke computer. Sehingga pelanggan bisa menggunakan koneksi internet hanya bermodal telepon rumah dan perangkat komputer (PC). Pelanggan tidak perlu repot lagi harus pergi ke warnet cukup dilakukan dengan paket murah di rumah.
Perangkat-perangkat yang harus dimiliki untuk menikmati paket internet murah dari Telkomnet Instan yaitu :
a. Personal Computer (PC)
Perangkat ini merupakan alat koneksi untuk menggunakan layanan internet murah karena perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan layanan internet tersebut.
b. Modem Dial Up
Modem merupakan suatu sistem alat koneksi yang menghubungkan dari telepon rumah ke komputer. Sistem windows di komputer karena tanpa alat ini layanan internet tidak bisa dihubungkan ke perangkat komputer.
c. Line Telepon
Perangkat telepon rumah merupakan jaringan yang membuat koneksi ke perangkat komputer (PC). Karena alat telepon suatu alat yang berhubungan dengan perangkat lainnya sehingga bisa menggunakan layanan paket internet murah dari Telkonet Instant.
TELKOM FLEXIPT. TELKOM Indonesia Tbk. sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan baru dengan teknologi terkini yaitu CDMA {Code Division Multiple Access). CDMA adalah teknologi akses voice dan data, dimana setiap user menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama dalam sebuah sistem. Pada CDMA, sinyal informasi pada Transmitter Dicoding dan disebar dengan bandwidth sebesar 1.25 MHz (spread spectrum), kemudian pada sisi receiver dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang dibutuhkan.
PT. TELKOM Indonesia tbk. melalui Divisi Fixed Wireless akan memanfaatkan CDMA sebagai telepon fixed wireless digital yang digunakan sebagai telepon rumah (fixed phone) dan telepon bergerdk (mobility). Layanan fixed wireless berbasis CDMA diberi brand TELKOMFiexi sebagai telepon bergerak terbatas dalam satu area code, hal ini dimungkinkan karena TELKOMFlexi memiliki fitur limited mobility. Pesawat TELKOMFlexi dapat dibawa berjalan-jalan atau berpindah tempat selama masih di dalam satu kode area. Misalnya pengguna TELKOMFlexi di Jember yang memiliki kode area 0331 hanya dapat melakukan atau menerima panggilan selama masih berada di dalam area Jember, tetapi pengguna tersebut bebas melakukan panggilan ke nomor mana saja atau menerima panggilan dari nomor mana saja.
Para pakar teknologi telepon seluler sepakat bahwa kecanggihan CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini banyak dipergunakan oleh operator telepon seluler di Indonesia. Para pelaku bisnis telepon seluler (handphone) memperkirakan bahwa TELKOMFlexi mendapat sambutan positif masyarakat mengingat tarifnya jauh berada dibawah GSM karena biaya investasinya sangat murah. Tentu saja, kehadiran TELKOMFlexi membuat lega calon pelanggan telepon yang sudah lama mendambakan telepon hemat maupun pelanggan ponsel yang mendambakan telepon seluler alternatif. Karena TELKOMFlexi mempunyai tarif yang hemat dan mengacu pada tarif telepon rumah.
TELKOMFlexi produk idola masyarakat dari Telkom yang mampu menjawab kebutuhan konsumen. TELKOMFlexi hadir dengan teknologi CDMA yang memiliki keunggulan dibanding teknologi sebelumnya. Untuk menjadi pelanggan TELKOMFlexi sudah tersedia layanan Pra Bayar yang ngetrend disebut FLEXUrendy dan Pasca Bayar yang berkelas disebut juga dengan FLEXICIassy. Pelanggan FLEXICIassy dapat menggunakan terminal yang beroperasi dengan kartu (RUIM) dan nomor yang diinjeksikan ke dalam terminal.
Guna mempermudah calon pelanggan TELKOMFlexi, pada saat ini sudah banyak tersedia terminal dengan merk dan tipe handset untuk berlangganan TELKOMFlexi dengan harga yang terjangkau. TELKOM juga menyediakan paket - paket hemat dalam memperoleh terminal. Dengan terminal yang terjangkau serta layanan FLEXITrendy dan FLEXIClassy konsumen akan dapat berkomunikasi secara flexible dengan mobilitas tinggi dan pulsa yang hemat.
Keuntungan utama yang akan diperoleh bila menjadi pelanggan TELKOMFlexi adalah biaya yang hemat. Pelanggan akan dibebani dengan tarif pulsa telepon rumah dengan kemampuan terminal telepon yang dapat dibawa-bawa. Selain itu, pelanggan TELKOMFlexi juga tidak membebani pelanggan telepon rumah yang memanggilnya. Selanjutnya, TELKOMFlexi juga menyediakan komunikasi data dan akses internet dengan lebih cepat hingga 153 Kbps. Keuntungan berikutnya dari TELKOMFIexi adalah kualitas suara lebih jernih, layanan kring lebih cepat, radiasi terminal rendah sehingga memberikan keamanan bagi otak, serta aman dari penggandaan nomor.

Daerah Jangkauan (Coverage Area)
Coverage area TELKOMFIexi ini sudah hampir diseluruh kota masing -masing Divre. Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 102 kota (area kode) yang dapat dilayani antara lain: Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Makasar dan Denpasar. Selain menambah jumlah kota yang terjangkau oleh TELKOMFIexi, PT Telkom juga terus menerus meningkatkan kualitas layanan disetiap kota dengan menambahkan perangkat-perangkat BTS (Base Transceiver Station) maupun receiver yang tidak lain ditujukan untuk memperkuat sinyal penerimaan TELKOMFIexi baik didalam rumah, didalam gedung perkantoran, tempat parkir, pusat-pusat perbelanjaan, maupun di jalan raya.
Coverage area Divre V sudah menjangkau hampir seluruh kota di Jawa Timur. BTS TELKOMFIexi di wilayah Jember telah ada di Jalan Cokroaminoto; Rambipuji; Jenggawah; Arjasa; Kalisat; Sempolan; Ambulu. Daerah jangkauan yang baik adalah sejauh 5-7 km dari lokasi BTS.

Jenis Produk TELKOMFIexiBeberapa jenis produk layanan TELKOMFIexi yang ditawarkan antara lain:
a. FLEXI Classy
FLEXICIassy merupakan kartu Paska Bayar dari TELKOMFIexi yang menawarkan kenyamanan dan kecepatan akses komunikasi. Produk ini memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi para pengguna layanan TELKOMFIexi yang tidak ingin direpotkan oleh rutinitas isi ulang.
b. FLEXI Trendy
FLEXITrendy merupakan kartu Pra Bayar Isi Ulang dari TELKOMFIexi yang menawarkan kenyamanan dan kecepatan akses komunikasi. Produk ini memberikan berbagai fasilitas serta pilihan nominal puisa sesuai yang diinginkan.
c. FLEXI Combo
Yaitu Suatu pengembangan layanan Flexi prabayar dan atau pasca bayar yang memungkinkan pelanggan memiliki 2 sampai 3 nomor Flexi dalam 1 kartu. FlexiCombo dibuat dengan tujuan untuk memenuhi pelanggan yang memiliki rutinitas roaming ke kota-kota tertentu atau pelanggan dengan mobilitas antar kota secara rutin. FlexiCombo dibuat dengan tujuan untuk memenuhi pelanggan yang memiliki rutinitas roaming ke kota-kota tertentu atau pelanggan dengan mobilitas antar kota secara rutin.
d. FLEXI Home
Flexi Home merupakan produk terbaru dari TELKOMFIexi yang menggunakan Fixed Wireless Terminal (FWT) berbasis ESN {Non Sim Card) sebagai terminal dirumah.
e. FLEXI Tone
Baru-baru ini TELKOMFIexi memperkenalkan produk layanan terbarunya yaitu Flexi Tone, yang memungkinkan semua penelpon ke ponsel Flexi tidak lagi mendengarkan nada tunggu tut...tut...tut seperti biasanya, melainkan nada sambung berupa lagu dari artis pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar